BLOG AL ISLAM
Diberdayakan oleh Blogger.
Kontributor
Doa Kedua Orang Tua dan Saudaranya file:///android_asset/html/index_sholeh2.html I Would like to sha
Arsip Blog
-
►
2011
(33)
- ► Januari 2011 (22)
- ► September 2011 (1)
-
▼
2012
(132)
- ► April 2012 (1)
- ► Agustus 2012 (40)
- ▼ Oktober 2012 (54)
- ► November 2012 (4)
- ► Desember 2012 (3)
-
►
2013
(15)
- ► Maret 2013 (1)
-
►
2015
(53)
- ► Januari 2015 (45)
- ► April 2015 (1)
-
►
2023
(2)
- ► Februari 2023 (1)
- ► Desember 2023 (1)
twitter
Live Traffic
Latest Post
Oktober 22, 2012
Namun, lumrah ketika belayar sesekali badai tetap datang melanda. Teringat sebuah lagu dalam filem lakonan Allahyarham P-Ramlee..
” Wahai puteriku, aku ingin memberitahumu sepuluh perkara sebagai pedoman dan panduanmu dalam melayari alam rumahtangga nanti”
Kata-kata di atas merupakan kata-kata yang diucapkan oleh Umamah binti Harith kepada anak perempuannya yang bakal melangsungkan pernikahan dengan seorang Raja Yaman iaitu Al-Harith bin Amru.
Sama-sama kita renungkan dan ambil iktibar..
10 Petua Untuk Menjadi Isteri Solehah
Written By sumatrars on Senin, 22 Oktober 2012 | Oktober 22, 2012
10 Petua Untuk Menjadi Isteri Solehah
Fitrah seorang insan untuk hidup berpasang-pasangan yakni bernikah. Haiwan juga mempunyai naluri untuk hidup berpasangan inikan pula manusia yang lengkap dikurniakan dengan akal, hati dan perasaan.
Dalam surah Al-Hujurat:“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”Pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah tetapi ia merupakan permulaan kepada sebuah hidup yang dipenuhi dengan tanggungjawab sebagai suami isteri dan juga tanggungjawab sebagai ibu dan bapa. Andai kita bijak melayari bahtera rumahtangga, kita akan balayar di lautan yang tenang dan tidak berombak.
Namun, lumrah ketika belayar sesekali badai tetap datang melanda. Teringat sebuah lagu dalam filem lakonan Allahyarham P-Ramlee..
“Sedangkan lidah lagi tergigit, ini pula suami isteri”Bukan badai yang berupa ombak besar atau ribut taufan yang kita harapkan, tetapi cukuplah sekadar ombak kecil yang akan lebih merapatkan hubungan dan meningkatkan kefahaman antara pasangan.
” Wahai puteriku, aku ingin memberitahumu sepuluh perkara sebagai pedoman dan panduanmu dalam melayari alam rumahtangga nanti”
Kata-kata di atas merupakan kata-kata yang diucapkan oleh Umamah binti Harith kepada anak perempuannya yang bakal melangsungkan pernikahan dengan seorang Raja Yaman iaitu Al-Harith bin Amru.
Sama-sama kita renungkan dan ambil iktibar..
- Jalinkan hubungan dengan suamimu penuh ketaatan, perhatikan tempat menjadi kesenangannya dan jangan sampai dia melihat kepada sesuatu yang buruk atau tercium sesuatu yang busuk.
Jangan melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh suami. Malaikat akan melaknat si isteri sehingga waktu subuh seandainya si suami tidur dalam keadaan marah terhadap isteri. - Hendaklah kamu sentiasa membanggakannya kerana ini akan membuatkannya bertambah kasih padamu..
Selalulah melakukan perkara yang disukainya, pasti si suami akan bertambah sayang. Kalau suami suka makan asam pedas, masaklah asam pedas, jangan masak gulai tempoyak pula. Kalau suami suka warana biru, berhiaslah dengan warna biru, jangan berhias dengan warna kelabu pula. - Benarkanlah segala pendapat dan sikapnya nescaya dia akan bersikap lembut terhadapmu.
Berlembutlah dengan suami. Kalau berlaku pertengkaran, selesaikan dengan berhemah. Jangan sampai periuk belanga di dapur itu yang menjadi mangsa. Kalau suami terkhilaf, tegurlah dengan hikmah kerana lelaki mempunyai ego. Tidak mahu dilihat lemah dihadapan perempuan. Maka, berlembutlah. - Kamu hendaklah menguruskan hal ehwal rumah tangga dengan sempurna dan baik.
Kerana itulah seorang isteri itu lebih digalakkan untuk berada di rumah. Rumah merupakan tanggungjawab isteri. Dialah yang akan menjadikan suasana sesebuah rumah itu seperti syurga dunia atau neraka dunia. Bayangkan, jika si isteri bekerja sehingga lewat malam, pasti dia tidak akan mempunyai masa untuk menguruskan rumahtangga dengan baik dan ini boleh menimbulkan perbalahan. - Sentiasalah memelihara diri, keluarga dan kehormatannya.
Wanita (isteri) solehah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikeranakan Allah telah memelihara mereka. (al-Nisa’: 34)Ketika si suami keluar bekerja, peliharalah maruah dirimu. Jangan menjemput orang asing ke rumah sesuka hati. Kata orang, apabila kita berkahwin, kita bukan hanya berkahwin dengan pasangan kita tetapi juga berkahwin dengan keluarganya. Peliharalah maruah diri suami dan keluarganya. Jangan menceritakan aib mereka kepada orang lain. - 6- Simpankan segala rahsianya dengan baik, jangan kamu sesekali membantah suruhannya kerana ini akan melukakan hatinya.
Orang perempuan ni memang suka bercerita tetapi hati-hati jangan sesekali menceritakan tentang suami kita kepada orang lain. Khuatir ada yang jatuh cinta dengan suami kita pula. Kalau suami kita menyuruh kita melakukan sesuatu, taatilah dia selagi mana permintaannya itu tidak melanggar hukum syarak. - Jagalah waktu makannya dan waktu beristirahat kerana apabila perut lapar akan membuatkan darah cepat naik. Begitulah juga dengan tidur yang tidak cukup akan menyebabkan keletihan.
- Andainya suamimu nanti sedang bergembira, janganlah kamu menunjukkan kesedihan pula, tetapi kamu hendaklah pandai menyesuaikan keadaan dan bijak mengikut suasana hatinya.
- Kamu hendaklah sentiasa menghiasi dirimu selalu supaya suamimu nanti berasa senang apabila menatap wajahmu.
- Jadikanlah dirimu sebagai amah kepadanya, nescaya nanti suami akan menjadi penolong pula pada dirimu.
Syurga seorang isteri dibawah tapak kaki suami. Teringat kisah ketika zaman Rasulullah, terdapat seorang wanita pada zaman itu yang dikatakan akan mendahului puteri nabi, Fatimah ketika masuk ke syurga. Wanita itu akan berjalan dihadapan Fatimah kerana beliau yang akan memegang tali kuda yang ditunggangi puteri Nabi itu. Ia merupakan ganjaran baginya kerana menghambakan hidupnya hanya untuk suaminya. Demikianlah 10 petua daripada Umamah untuk anaknya yang boleh kita jadikan panduan untuk menjadi isteri solehah.
Air tangan seorang isteri mampu memikat hati suami. Jagalah makan minumnya, jangan sampai dia keluar mencari makan di kedai mamak.
Bersama-samalah suami dalam senang dan susah. Jika dia bergembira, anda perlulah menunjukkan anada juga gembira. Dan jika dia bersedih, pujuklah hatinya agar tenang semula supaya dia tahu anda akan selalu bersamanya.
Isteri yang baik adalah isteri yang berhias dan bersolek cantik ketika berada di rumah. Bukannya bersolek dan berhias sakan ketika berada di luar rumah. Ada isteri yang kurang prihatin, apabila dia berada di rumah, badan berbau bawang dan rambut kusut-masai. Suami yang penat bekerja, bertambah penat melihat sikap si isteri. Anehnya, bila keluar ke pasar, amboi..cantik mengalahkan Miss Universe.Hihi..
Sabda nabi:“Apabila seorang wanita menjaga solat lima waktu, berpuasa sebulan (Ramadan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka ketika berada di akhirat dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam syurga dari pintu mana saja yang engkau sukai”.
Apa yang penting, suami isteri tahu peranan masing-masing dalam hidup berumah tangga. Sikap tolak ansur dan saling memahami akan mewujudkan sebuah keluarga yang mawaddah dan penuh rahmah. InsyaALLAH..
Sumber Artikel : http://www.kisahwanita.com
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Oktober 22, 2012
Orang yang saling mencintai karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku, orang yang saling menyambung kekerabatannya karena-Ku pasti diberikan cintaKu dan orang yang saling menasehati karena-Ku pasti diberikan cintaKu serta orang yang saling berkorban karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku. Orang-orang yang saling mencintai karena-Ku (nanti di akhirat) berada di mimbar-mimbar dari cahaya.
Para Nabi, shiddiqin dan orang-orang yang mati syahid merasa iri dengan kedudukan mereka ini., "(HR. Imam Ahmad dalam kitab Al-Musnad dan dishahihkan al-Albani dalam kitab Shahih Jami’ ash-Shaghir no. 4198)
Penjelasan Hadits
Semua orang merasa mencintai Allah, tidak terkecuali pengikut agama Yahudi ataupun Nashrani. Semua merasa telah mencintai Allah dan beragama pun karena ingin mencintai Allah. Orang Nashrani ingin menciptakan kecintaan kepada Allah kadang ada dengan sesuai kehendak Allah dan bisa juga menyelisihi kehendak Allah. Orang Yahudi mencintai Allah dan muslimin yang jahil juga mencintai Allah namun mereka tidak dicintai Allah kecuali bila mereka berada diatas perkataan dan amalan yang membuat Allah cinta dan ridha kepadanya.
Sebagian salaf menyatakan: "yang penting bukan mencintai namun yang sangat penting sekali adalah bagaimana dicintai". Kalau demikian, seorang akan berusaha mencapai dan mendapat kecintaan Allah. Kecintaan Allah kepada manusia adalah sesuatu yang diinginkan oleh semua orang. Namun hal ini hanya dapat tercapai dengan semangat mencari ilmu dan mengenal amalan dan perkataan yang Allah cintai dan ridhai. Sebab bila kamu mengetahui bagaimana Allah mencintai hambanya atau mengetahui sebab-sebab Allah mencitai hambaNya maka akan muncul usaha untuk mendapatkan kecintaan Allah.
Dalam hadits yang mulia ini Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menjelaskan amalan yang dapat mendatangkan kecintaan dari Allah yang langsung dengan ungkapan firman Allah Ta'ala . Hadits demikian dinamakan para ulama dengan hadits qudsi.
Dalam hadits qudsi ini Allah l memerintahkan kita untuk mewujudkan empat hal yang menjadi sebab kita menjadi hamba-Nya yang dicintai.
Diantara langkah-langkah mewujudkannya adalah:
Beberapa Pelajaran dari Hadits ini
Sumber Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. Sumber Artike Muslim.Or.Id
Amalan Menggapai Cinta Ilahi
4 Amalan Menggapai Cinta Ilahi
عَنْ مُعَاذ بْنِ جَبَلٍ رَِضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْ لُ الله صلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : قَالَ اللهُ تَعَالَى : حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَحَابِّينَ فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْْمُتَوَاصِلِين فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَنَاصِحِيْنَ فِيَّ وَ حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَبَاذِلِينَ فِيَّ ;الْمُتَحَابُّوْنَ فِيَّ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ يَغْبِطُهُمْ بِمَكَانِهِمُ النَّبِيُّوْنَ وَ الصِّدِّيْقُوْنَ وَ الشُّهَدَاءُ .
Dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:
Sabbda Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam "Allah Ta'ala berfirman" : Orang yang saling mencintai karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku, orang yang saling menyambung kekerabatannya karena-Ku pasti diberikan cintaKu dan orang yang saling menasehati karena-Ku pasti diberikan cintaKu serta orang yang saling berkorban karena-Ku pasti diberikan cinta-Ku. Orang-orang yang saling mencintai karena-Ku (nanti di akhirat) berada di mimbar-mimbar dari cahaya.
Para Nabi, shiddiqin dan orang-orang yang mati syahid merasa iri dengan kedudukan mereka ini., "(HR. Imam Ahmad dalam kitab Al-Musnad dan dishahihkan al-Albani dalam kitab Shahih Jami’ ash-Shaghir no. 4198)
Penjelasan Hadits
Semua orang merasa mencintai Allah, tidak terkecuali pengikut agama Yahudi ataupun Nashrani. Semua merasa telah mencintai Allah dan beragama pun karena ingin mencintai Allah. Orang Nashrani ingin menciptakan kecintaan kepada Allah kadang ada dengan sesuai kehendak Allah dan bisa juga menyelisihi kehendak Allah. Orang Yahudi mencintai Allah dan muslimin yang jahil juga mencintai Allah namun mereka tidak dicintai Allah kecuali bila mereka berada diatas perkataan dan amalan yang membuat Allah cinta dan ridha kepadanya.
Sebagian salaf menyatakan: "yang penting bukan mencintai namun yang sangat penting sekali adalah bagaimana dicintai". Kalau demikian, seorang akan berusaha mencapai dan mendapat kecintaan Allah. Kecintaan Allah kepada manusia adalah sesuatu yang diinginkan oleh semua orang. Namun hal ini hanya dapat tercapai dengan semangat mencari ilmu dan mengenal amalan dan perkataan yang Allah cintai dan ridhai. Sebab bila kamu mengetahui bagaimana Allah mencintai hambanya atau mengetahui sebab-sebab Allah mencitai hambaNya maka akan muncul usaha untuk mendapatkan kecintaan Allah.
Dalam hadits yang mulia ini Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menjelaskan amalan yang dapat mendatangkan kecintaan dari Allah yang langsung dengan ungkapan firman Allah Ta'ala . Hadits demikian dinamakan para ulama dengan hadits qudsi.
Dalam hadits qudsi ini Allah l memerintahkan kita untuk mewujudkan empat hal yang menjadi sebab kita menjadi hamba-Nya yang dicintai.
- Perintah saling mencintai karena Allah
- Perintah saling menasehati karena Allah
- Perintah saling menyambung persaudaraan karena Allah
- Perintah saling berkorban karena Allah.
Diantara langkah-langkah mewujudkannya adalah:
- Memperbaiki aqidah dan iman hingga menjadi sempurna
- Mengingat keempat amalan ini dicintai dan diridhai Allah
- Menelaah benar sirah (sejarah kehidupan) Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam dan para salaf ash-shalih dan mempraktekkannya. Caranya dengan mengetahui konsep dan tuntunan ajaran mereka sehingga akan muncul keinginan dan kecintaan untuk meniti dan mengikuti jejak langkah mereka.
- Mengingat akibat baik dan pahala yang didapatkan dari empat amalan ini.
Beberapa Pelajaran dari Hadits ini
- Saling mencintai, menasehati, menyambung persaudaraan dab berkorban karena Allah adalah 4 amalan menggapai cinta ilahi
- Urgensi empat amalan ini yang akan memperkokoh barisan, menyatukan langkah dan mempertautkan hati.
Sumber Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. Sumber Artike Muslim.Or.Id
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Oktober 22, 2012
Nama dan Nasab Rasulullah S.A.W
Nama
dan Nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam memiliki
beberapa nama, yaitu:
- Muhammad
- Ahmad
- Al Mahi
- Al ‘Aqib
- Al Hasyir
- Al Muqaffi
- Nabiyyur Rahmah
- Nabiyyut Taubah
- Khataman Nabiyyin
- Abdullah
Dalilnya, Allah Ta’ala berfirman:
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ
اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ
عَلِيمًا
“Muhammad itu
sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu,
tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah
Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. Al Ahzab: 40)
Allah Ta’ala juga
berfirman:
وَأَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللَّهِ يَدْعُوهُ كَادُوا يَكُونُونَ
عَلَيْهِ لِبَدًا
“Dan bahwasanya tatkala Abdullah (Muhammad)
berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadah), hampir saja jin-jin itu
desak mendesak mengerumuninya” (QS. Maryam: 30)
Hadits Jabir bin Math’am,
إن لي أسماء : أنا محمد ، وأنا أحمد ، وأنا الماحي الذي يمحو الله بي
الكفر ، وأنا الحاشر الذي يحشر الناس على قدمي ، وأنا العاقب
“Aku memiliki beberapa nama: Muhammad, Ahmad, Al
Mahi (penghapus)
karena denganku Allah menghapus kekufuran, Al
Hasyir karena
manusia di kumpulkan di atas telapak kakiku, dan Al
‘Aqib” (HR. Bukhari 4896, Muslim 2354)
Juga hadits Abu Musa Al ‘Asy-ari,
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يسمي لنا أسماء . فقال ” أنا محمد ،
وأحمد ، والمقفي ، والحاشر ، ونبي التوبة ، ونبي الرحمة “
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memberitahu kepada kami
nama-nama beliau. Beliau bersabda: ‘AkuMuhammad, Ahmad, Al
Muqaffi, Al
Hasyir, Nabiyyur
Rahmah, Nabiyyut
Taubah‘” (HR. Muslim 2355).
Adapun kun-yah beliau adalah Abul Qasim, karena salah satu anak
beliau bernama Al Qasim. Ini ditunjukkan oleh banyak hadits
diantaranya:
سَمُّوْا باسمي ولا تَكَنَّوْا بكنيتي ، فإني أنا أبو القاسمِ
“Silakan memberi nama dengan namaku, namun jangan ber-kun-yah
dengan kun-yah-ku. Kun-yah-ku adalah Abul Qasim” (HR. Bukhari
3114, Muslim 2133)
Ini adalah nama-nama beliau yang ditunjukkan secara sharih (lugas)
oleh dalil-dalil. Namun banyak diantara para ulama juga menambahkan
nama-nama lain untuk beliau, yang diambil dari setiap sifat yang
dinisbatkan kepada beliau. Sebagaimana perkataan Imam Al Baihaqi :
“Sebagian ulama menambahkan, mereka mengatakan bahwa Allah telah
menyebut beliau dengan sebutan:
- Rasul
- Nabi
- Ummiy
- Syaahid
- Mubasyir
- Da’i ilallah bi idznihi
- Sirajun Munir
- Ra’ufur Rahim
- Mudzakkir
- Allah juga menjadikannya sebagai Rahmah, Ni’mah, dan Haadi“
Dan sebenarnya masih banyak lagi sifat-sifat beliau jika kita ingin
memasukkannya ke dalam deretan nama beliau, diantaranya ash
shadiq, al
mashduq, sayyidu
waladi adam, sayyidul
mursalin, al
amin, al
musthafa, dan banyak lagi. Oleh karena itu para ulama
berselisih pendapat mengenai jumlah nama beliau.
Adapun pendapat sebagian ulama bahwa Yaasin dan Thaha adalah
termasuk nama beliau, ini dilandasi oleh sebuah riwayat:
إِنَّ لِي عِنْدَ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ عَشْرَةَ أَسْمَاءٍ» قَالَ:
أَبُو الطُّفَيْلِ: قَدْ حَفِظْتُ مِنْهَا ثَمَانِيَةً: مُحَمَّدٌ ,
وَأَحْمَدُ , وَأَبُو الْقَاسِمِ , وَالْفَاتِحُ , وَالْخَاتَمُ ,
وَالْمَاحِي , وَالْعَاقِبُ , وَالْحَاشِرُ قَالَ أَبُو يَحْيَى
التَّيْمِيُّ: وَزَعَمَ سَيْفٌ أَنَّ أَبَا جَعْفَرٍ قَالَ لَهُ: إِنَّ
الِاسْمَيْنِ الْبَاقِيَيْنِ: طَهْ , وَيَاسِينُ
“Di sisi Rabb-ku Azza Wa Jall aku memiliki 10 nama (Abu Thufail
-rawi hadits- mengatakan, aku hanya hafal 8) yaitu, Muhammad, Ahmad,
Abul Qasim, Al Fatih, Al Khatam, Al Mahi, Al ‘Aqib, Al Hasyir.
Abu Yahya At Taimi berkata: Saif (bin Wahb) mengklaim bahwa Abu
Ja’far berkata kepadanya: ‘Dua nama yang tersisa adalah Thaha dan
Yasin’”
(Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Al Ajurri dalam kitab Asy
Syari’ah no.1015)
Sanad hadits ini lemah karena ada perawi bernama Saif bin Wahb dan
Abu Yahya At Taimi (Isma’il bin Ibrahim) yang keduanya berstatus dhaif (Al
Mizan 3645, At
Tahdzib 518).
Sehingga status hadits ini adalah lemah. Sebagaimana Ibnu ‘Adi
mendhaifkan hadits ini dalam Al
Kamil (4/509), Al
‘Iraqi mendhaifkan hadits ini dalamTakhrij Al Ihya (2/471).
Dengan demikian kita tidak bisa mengatakan bahwa Yaasin dan Thaha
adalah termasuk nama beliau.
Adapun nasab, beliau adalah anak dari Abdullah bin Abdul Muthalib
bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab
bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An Nadhr bin Kinanah bin
Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin
Adnan. Sampai disini, tidak ada perbedaan diantara para ulama. Adnan
dipastikan merupakan keturunan Nabi Isma’il, namun para ulama
berselisih pendapat mengenai silsilah nasab dari Adnan hingga Nabi
Isma’il.
Seluruh orang arab dari negeri Hijaz memiliki keterkaitan dengan
nasab beliau tersebut. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas :
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّهُ سُئِلَ عَنْ
قَوْلِهِ: {إِلَّا المَوَدَّةَ فِي القُرْبَى} [الشورى: 23]- فَقَالَ
سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ: قُرْبَى آلِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ – فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: عَجِلْتَ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ بَطْنٌ مِنْ قُرَيْشٍ، إِلَّا
كَانَ لَهُ فِيهِمْ قَرَابَةٌ، فَقَالَ: «إِلَّا أَنْ تَصِلُوا مَا
بَيْنِي وَبَيْنَكُمْ مِنَ القَرَابَةِ»
“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhuma, ketika beliau ditanya mengenai
ayat ‘kecuali kasih sayang dalam qurbaa (kekerabatan)‘.
Sa’id bin Jubair menafsirkan qurbaa maknanya
‘keluarga Muhammad Shallallahu’alaihi
Wasallam‘. Ibnu Abbas berkata: ‘Engkau terburu-buru dalam
menafsirkan. Karena sesungguhnya antara tidak ada keturunan orang
quraisy kecuali ia memiliki kekerabatan dengan beliau. Maknanya
adalah: ‘kecuali adanya keterkaitan antara aku dan kalian dalam
kekerabatan‘” (HR. Bukhari 4818)
Nasab beliau tersebut adalah nasab yang baik, dari awal hingga
akhirnya, tidak ada sedikitpun terdapat kebejatan padanya.
Sebagaimana diriwayatkan secara mursal dari Nabi Shallallahu’alaihi
Wasallam :
خرجت من نكاح ، و لم أخرج من سفاح ، من لدن آدم إلى أن ولدني أبي و أمي
، لم يصبني من سفاح الجاهلية شيء
“Aku lahir dari pernikahan dan tidaklah Aku dilahirkan dari
perzinaan. Mulai dari Nabi Adam sampai pada ayah ibuku. Tidak ada
kebejatan Jahiliyah sedikitpun dalam nasabku” (HR. Ath Thabrani
4728, dalam Shahih
Sirah Nabawiyah(1/10) Al Albani mengatakan sanadnya mursal
jayyid)
Oleh karena itulah kita katakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi
Wasallam lahir dari
nasab terbaik. Beliau Shallallahu’alaihi
Wasallam bersabda:
بعثت من خير قرون ابن آدم ، قرنا فقرنا ، حتى كنت من القرن الذي كنت
فيه
“Aku diutus dari keturunan bani Adam yang terbaik pada setiap
kurunnya, hingga sampai pada kurun dimana aku dilahirkan” (HR.
Bukhari 3557)
Beliau Shallallahu’alaihi
Wasallam juga
bersabda:
إنَّ اللهَ اصطفَى كِنانةَ من ولدِ إسماعيلَ . واصطفَى قريشًا من كنانةَ
. واصطفَى من قريشٍ بني هاشمَ . واصطفاني من بني هاشمَ
“Allah telah memilih Kinanah dari keturunan Isma’il, dan memilih
Quraisy dari keturunan Kinanah, dan memilih Bani Hasyim dari
keturunan Quraisy, dan memilih aku dari keturunan Bani Hasyim”
(HR. Muslim 2276)
Demikian paparan yang sedikit ini, Semoga shalawat serta salam
senantiasa terlimpah kepada Nabi MuhammadShallallahu’alaihi
Wasallam keluarga,
para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti sunnahnya hingga
hari akhir.
Rujukan utama: Shahih
Sirah Nabawiyah, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani
Sumber Penulis: Yulian
Purnama dan Sumber Artikel Muslim.Or.Id
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Oktober 22, 2012
Haji - Menunaikan Hadyu Sebelum Idul Adha
Hadyu adalah hewan yang disembelih sebagai kewajiban haji tamattu’ dan
qiron. Apa yang kita bahas kali ini adalah yang terjadi pada
sebagian jama’ah haji kita. Mereka menunaikan hadyu lebih awal.
Setelah selesai menunaikan umroh dan sambil menunggu hari tarwiyah,
mereka sudah menunaikan hadyu meski jauh hari sebelum masuk bulan
Dzulhijjah. Sepertinya ini pun jadi sindikat bisnis oleh orang-orang
Indo yang ada di Mekkah.
Karena jika hadyu diambil sebelum hari Idul
Adha, pasti harganya jatuh murah. Jadinya sebagian orang ini
menjadikan hal ini sebagai bisnis biar cepat mengais rizki padahal
tidak mengetahui akan hukumnya.
Mufti Saudi Arabia di masa silam, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin
‘Abdillah bin Baz -semoga Allah merahmati beliau- ditanya,
“Kami berihram dan kami mengambil manasik tamattu’.
Kami telah
menunaikan umrah dan kami pun telah bertahallul. Sebagian ada yang
menyarankan untuk segera menunaikan hadyu dan segera disebar di
Mekkah, jadinya berarti kita sudah melakukan sembelihan di Mekkah.
Kemudian kami ketahui setelah itu bahwa penyembelihan hadyu itu sah
setelah melempar jumroh ‘aqobah. Aku sebenarnya telah mengetahui hal
tersebut sebelumnya.
Aku pun katakan pada mereka untuk menunda
penyembelihan hingga hari Nahr (Idul Adha) atau setelah itu (pada
hari tasyriq). Namun ada yang menyarankan untuk segera menunaikan
sembelihan hadyu ketika kami sampai dan telah menunaikan umroh.
Setelah satu hari dari umroh, kami pun menunaikan hadyu.
Apa hukum
masalah ini? Apa kewajiban kami dalam kondisi seperti ini?”
Syaikh rahimahullah menjawab,
“Barangsiapa yang menyembelih hadyu sebagai damm tamattu’ sebelum
hari ‘ied, hadyunya tidaklah sah. Karena Rasul shallallahu
‘alaihi wa sallam dan
para sahabatnya tidaklah pernah menyembelih hadyu kecuali telah
masuk hari Nahr (Idul Adha).
Mereka pernah tiba untuk menunaikan
haji dan mereka mengambil manasik tamattu’ pada hari keempat
Dzulhijjah. Mereka membawa hewan ternak dan unta, hewan-hewan
tersebut tetap masih bersama mereka dan mereka baru menyembelihnya
setelah datang hari Nahr (Idul Adha).
Jika penyembelihan hadyu dibolehkan sebelum Idul Adha, maka tentu
Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dan
para sahabat segera melakukannya pada hari keempat Dzulhijjah (ketika
mereka tiba) sebelum mereka bertolak menuju ‘Arofah.
Karena manusia
sudah butuh untuk menyantap daging saat itu.
Jika Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dan
para sahabat tidak menunaikannya saat itu namun baru menunaikan
ketika datang hari Idul Adha, ini menunjukkan tidak
sahnya.
Sehingga yang menyembelih sebelum hari Idul Adha,
maka ia telah menyelisihi ajaran Nabi -shallallahu ‘alaihi wa
sallam-.
Jika kita melakukan syari’at baru, maka tentu tidak
sah sebagaimana orang yang shalat atau puasa sebelum waktunya. Tidak
puasa Ramadhan yang dilakukan sebelum waktunya. Tidak sah pula
shalat yang dikerjakan sebelum waktunya, dan semacam itu.
Intinya, ibadah yang dilakukan sebelum waktunya tidaklah sah. Ia
punya kewajiban untuk mengulangi sembelihan tersebut jika ia mampu.
Jika tidak mampu, maka ia bisa memilih puasa selama tiga hari pada
hari haji dan tujuh hari ketika kembali ke negerinya. Jadinya,
total puasa tersebut adalah sepuluh hari sebagai ganti dari
sembelihan tadi. Karena Allah Ta’ala berfirman,
فَمَن
تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ
الْهَدْيِ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ
وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ
“Bagi siapa yang ingin melakukan haji tamattu’ (mengerjakan
‘umrah sebelum haji di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih)
korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang
korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa
haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah
sepuluh (hari) yang sempurna.” (QS. Al Baqarah: 196).”
[Fatawa
Tata’allaq bi Ahkamil Hajj wal ‘Umroh waz Ziyaroh, hal. 83. Link
fatwa]
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ath Thorifiy -semoga Allah memberkahi
umur beliau- berkata, “Tidak boleh menyembelih hadyu sebelum
hari nahr (Idul Adha). Demikian pendapat jumhur (mayoritas) ulama, berbeda
dengan pendapat Imam Syafi’i.
Imam Syafi’i menilai bolehnya
menunaikan hadyu setelah seseorang masuk berihram untuk menunaikan
haji. Perkataan beliau -rahimahullah- telah menyelisihi praktek Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam. Dan tidak diketahui dari para sahabat
menyelisihi Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dalam
hal ini untuk melepas kewajiban.” (Shifat Hajjatin Nabi -shallallahu
‘alaihi wa sallam-, hal. 192)
Wallahu waliyyut taufiq.
@ Jami’ah Malik Su’ud Riyadh-KSA, 3/12/1433 H
Sumber Penulis: Muhammad
Abduh Tuasikal dan Sumber Artikel Muslim.Or.Id
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Label:
haji dan umrah,
index
Oktober 22, 2012
Dari Abu Dzar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda : “Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “
Takhrij hadits
Hadits ini hasan. Diriwayatkan oleh : Ahmad (V/153, 158, 177), at-Tirmidzi (no. 1987), ad-Darimi (II/323), dan al-Hâkim (I/54) dari seorang shahabat Rasulullah yang bernama Abu Dzar al-Ghifâri Radhiallahu’anhu. Diriwayatkan juga oleh Ahmad (V/236); ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabîr (XX/296, 297, 298) dan dalam al-Mu’jamush Shaghîr (I/192), dan Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyâ‘ (IV/418, no. 6058) dari Shahabat Mu’adz bin Jabal Radhiallahu’anhu. Hadits ini dihukumi hasan oleh Imam at-Tirmidzi, an-Nawawi dalam al-Arba’în dan Riyâdush Shâlihîn, dan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shâghîr no. 97.
Penjelasan hadits
Hadits yang mulia ini berisi wasiat berharga dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam kepada kita semua dalam mengarungi kehidupan dunia ini. Wasiat ini berhubungan dengan hubungan kita kepada Allah, diri sendiri dan orang lain. Setiap kita mesti akan berhubungan dengan sang pencipta kita dan ini dapat diwujudkan dengan benar hanya dengan takwa kepadaNya disetiap saat. Juga setiap kita akan berhubungan dengan diri sendiri sebagai insan yang tidak luput dari kesalahan dan dosa, maka caranya adalah dengan mengiringi kesalahan dan dosa dengan taubat yang merupakan amalan sholih dan kebajikan yang dapat menghapus dosa kesalahan tersebut. Sehingga bila seorang berbuat dosa maka segera mengiringinya dengan taubat dan menambah amal kebaikan yang dapat menghapusnya. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan laksanakanlah shalat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan” (Qs Hûd/11: 114).
Demikian juga kita tidak mungkin lepas dari masyarakat dan orang lain disekitar kita, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Sebab itu beliau n mewasiatkan dengan menjadikan akhlak mulia sebagai dasar dalam pergaulan ini. Bergaul dengan orang lain dengan akhlak mulia dapat dijabarkan oleh sabda beliau yang lainnya, yaitu sabda beliau Shallallahu’alaihi Wasallam :
“Siapa yang ingin diselamatkan dari neraka dan masuk syurga maka hendaknya kematian menjemputkanya dalam keadaan ia beriman kepada Allah dan hari akhir dan hendaknya ia bergaul dengan orang lain sebagaimana ia ingin orang lain bergaul dengannya” (HR Muslim).
Demikian indahnya wasiat ini, sehingga siapa yang ingin selamat dunia akherat maka hendaknya mengamalkan tiga wasiat Rasululah Shallallahu’alaihi Wasallam ini. Semoga kita dapat mewujudkannya!
Fawaid
Sumber Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. Sumber Artikel Muslim.Or.Id
Wasiat Rasulullah saw
Tiga Wasiat Penting Rasulullah
عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ
جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ
اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا،
وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
Dari Abu Dzar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda : “Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “
Takhrij hadits
Hadits ini hasan. Diriwayatkan oleh : Ahmad (V/153, 158, 177), at-Tirmidzi (no. 1987), ad-Darimi (II/323), dan al-Hâkim (I/54) dari seorang shahabat Rasulullah yang bernama Abu Dzar al-Ghifâri Radhiallahu’anhu. Diriwayatkan juga oleh Ahmad (V/236); ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabîr (XX/296, 297, 298) dan dalam al-Mu’jamush Shaghîr (I/192), dan Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyâ‘ (IV/418, no. 6058) dari Shahabat Mu’adz bin Jabal Radhiallahu’anhu. Hadits ini dihukumi hasan oleh Imam at-Tirmidzi, an-Nawawi dalam al-Arba’în dan Riyâdush Shâlihîn, dan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shâghîr no. 97.
Penjelasan hadits
Hadits yang mulia ini berisi wasiat berharga dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam kepada kita semua dalam mengarungi kehidupan dunia ini. Wasiat ini berhubungan dengan hubungan kita kepada Allah, diri sendiri dan orang lain. Setiap kita mesti akan berhubungan dengan sang pencipta kita dan ini dapat diwujudkan dengan benar hanya dengan takwa kepadaNya disetiap saat. Juga setiap kita akan berhubungan dengan diri sendiri sebagai insan yang tidak luput dari kesalahan dan dosa, maka caranya adalah dengan mengiringi kesalahan dan dosa dengan taubat yang merupakan amalan sholih dan kebajikan yang dapat menghapus dosa kesalahan tersebut. Sehingga bila seorang berbuat dosa maka segera mengiringinya dengan taubat dan menambah amal kebaikan yang dapat menghapusnya. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan laksanakanlah shalat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan” (Qs Hûd/11: 114).
Demikian juga kita tidak mungkin lepas dari masyarakat dan orang lain disekitar kita, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Sebab itu beliau n mewasiatkan dengan menjadikan akhlak mulia sebagai dasar dalam pergaulan ini. Bergaul dengan orang lain dengan akhlak mulia dapat dijabarkan oleh sabda beliau yang lainnya, yaitu sabda beliau Shallallahu’alaihi Wasallam :
فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُزَحْزَحَ
عَنِ النَّارِ وَيَدْخُلَ الْجَنَّةَ فَلْتَأْتِهِ مَنِيَّتُهُ وَهُوَ يُؤْمِنُ
بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَلْيَأْتِ إِلَى النَّاسِ الَّذِى يُحِبُّ أَنْ
يُؤْتَى إِلَيْه
“Siapa yang ingin diselamatkan dari neraka dan masuk syurga maka hendaknya kematian menjemputkanya dalam keadaan ia beriman kepada Allah dan hari akhir dan hendaknya ia bergaul dengan orang lain sebagaimana ia ingin orang lain bergaul dengannya” (HR Muslim).
Demikian indahnya wasiat ini, sehingga siapa yang ingin selamat dunia akherat maka hendaknya mengamalkan tiga wasiat Rasululah Shallallahu’alaihi Wasallam ini. Semoga kita dapat mewujudkannya!
Fawaid
- Takwa kepada Allah merupakan kewajiban setiap muslim dan dia merupakan asas diterimanya amal shaleh.
- Semangatnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dalam mengarahkan umatnya kepada setiap kebaikan.
- Wajib bagi seseorang untuk memenuhi hak Allah dengan bertakwa kepada-Nya.
- Wajibnya bertakwa kepada Allah Ta’ala dimana pun seseorang berada. Yaitu dengan cara melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya, baik saat bersama orang lain maupun ketika sendirian.
- Wasiat takwa adalah wasiat yang paling agung.
- Wajib seseorang memenuhi hak dirinya dengan bertobat dan berbuat kebajikan.
- Bersegera melakukan ketaatan setelah keburukan secara langsung, karena kebaikan akan menghapus keburukan.
- Bersungguh-sungguh menghias diri dengan akhlak mulia dan Anjuran bergaul bersama manusia dengan akhlak yang baik.
- Akhlak yang baik termasuk dari kesempurnaan iman dan sifat orang-orang yang bertakwa, serta termasuk puncak dari agama Islam yang lurus.
- Akhlak yang baik termasuk asas dari peradaban hidup manusia, sebagai sebab bersatunya umat, tersebarnya rasa cinta, dicintai Allah Ta’ala, dan diangkatnya derajat pada hari Kiamat.
- Menjaga pergaulan yang baik merupakan kunci kesuksesan, kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat menghilangkan dampak negatif pergaulan.
Sumber Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. Sumber Artikel Muslim.Or.Id
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Label:
akhlaq dan nasehat,
hadits,
index
Oktober 22, 2012
Kesalahan Dalam Setelah Shalat
Peringatan Penting Seputar Kesalahan Dalam Setelah Shalat
Beberapa hal biasa dilakukan oleh banyak orang setelah
shalat fardhu (wajib) yang lima waktu, tapi tidak ada contoh dan dalil dari
Rasulullah
صلي الله عليه وسلم dan para Sahabat ridhwaanullaah 'alaihim ajma'iin.
Di antara kesalahan dan bid'ah tersebut ialah:
Mengusap muka setelah salam.1
Berdo'a dan berdzikir secara berjama'ah yang di pimpin oleh
imam shalat.2
Berdzikir dengan bacaan yang tidak ada nash/ dalilnya, baik
lafazh maupun bilangannya, atau berdzikir dengan dasar hadits yang dha'if (lemah)
atau maudhu' (palsu).
Contoh:
Sesudah salam membaca: "Alhamdulillaah."
Membaca surat al-Faatihah setelah salam.
Membaca beberapa ayat terakhir surat al-Hasyr dan lainnya.
Menghitung dzikir dengan memakai biji-bijian tasbih atau
yang serupa dengannya. Tidak ada satu pun hadits yang shahih tentang menghitung
dzikir dengan biji-bijian tasbih, bahkan sebagiannya maudhu' (palsu).3
Syaikh al-lbani رَحِم الله mengatakan: "Berdzikir dengan biji-bijian tasbih adalah bid'ah."4
Syaikh al-lbani رَحِم الله mengatakan: "Berdzikir dengan biji-bijian tasbih adalah bid'ah."4
Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan bahwa berdzikir dengan
menggunakan biji-bijian tasbih menyerupai orang-orang Yahudi, Nasrani, Budha,
dan perbuatan ini adalah bid'ah dha-laalah.5
Yang disunnahkan dalam berdzikir adalah dengan menggunakan
jari-jari tangan:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍ رَضِيَ اللهُ قَلَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ التَّسْبِيْحَ بِيَمِيْنِهِ
"Dari Abdullah bin Amr
رضي الله عنه
, ia berkata: Aku melihat Rasulullah
صلي الله عليه
وسلم menghitung bacaan tasbih dengan jari-jari tangan kanannya."6
Bahkan, Nabi
صلي الله عليه
وسلم memerintahkan para Sahabat wanita menghitung; Subhaanallaah,
alhamdulillaah, dan mensucikan Allah dengan jari-jari, karena jari-jari akan
ditanya dan diminta untuk berbicara (pada hari Kiamat).7
Berdzikir dengan suara keras dan beramai-ramai (bersamaan/
berjama'ah).
Allah
سبحانه و
تعاليmemerintahkan kita berdzikir dengan suara yang tidak keras (QS. Al-A'raaf
ayat 55 dan 205, lihat Tafsiir Ibni Katsir tentang ayat ini).
Nabi
صلي الله عليه
وسلم melarang berdzikir dengan suara keras sebagaimana diriwayatkan oleh
Imam al-Bukhari, Muslim dan lain-lain.
Imam asy-Syafi'i menganjurkan agar imam atau makmum tidak
mengeraskan bacaan dzikir.8
Membiasakan/merutinkan do'a setelah shalat fardhu (wajib)
dan mengangkat tangan pada do'a tersebut, (perbuatan ini) tidak ada contohnya
dari Rasulullah
صلي الله عليه
وسلم.9
Saling berjabat tangan seusai shalat fardhu (bersalam-salaman).
Tidak ada seorang pun dari Sahabat atau Salafush Shalih yang berjabat tangan (bersalam-salaman)
kepada orang disebelah kanan atau kiri, depan atau belakangnya apabila mereka
selesai melaksanakan shalat. Jika seandainya perbuatan itu baik, maka akan
sampai (kabar) kepada kita, dan ulama akan menukil serta menyampaikannya kepada
kita (riwayat yang shahih.Pen).
Para ulama mengatakan: "Perbuatan tersebut adalah bid'ah."10
Berjabat tangan dianjurkan, akan tetapi menetapkannya di
setiap selesai shalat fardhu tidak ada contohnya, atau setelah shalat Shubuh dan
'Ashar, maka perbuatan ini adalah bid'ah.11 Wallaahu a'lam bish Shawaab.
Ibnu Majjah 4 Ummat Muslim
--------------------------------------------------------------------------------
1 Lihat, Silsilah al-Ahaadiits adh-Dha'iifah wal Maudhuu'ah
no. 660 oleh Imam al-Albani
2 Al-I'tishaam, Imam asy-Syathibi hal. 455456 tahqiq Syaikh
Salim al-Hilali, Fataawa al-Lajnah ad-Daa-imah VII/104-105, Fataawa Syaikh bin
Baaz XI/188-189, as-Sunan wal Mub-tada'aat hal. 70. Perbuatan ini bid'ah, (al-Qaulul
Mubiin fii Akhthaa-il Mushalliin hal. 304-305).
3 Lihat, Silsilah al-Ahaadiits adh-Dha'iifah wal Maudhuu'ah
no. 83 dan 1002
4 Silsilah al-Ahaadiits adh-Dha'iifah I/185
5 As-Subbah Taariikhuha wa Hukmuha hal. 101 cet. I Daarul 'Ashimah
1419 H - Syaikh Bakr bin 'Abdillah Abu Zaid.
6 Hadits shahih, riwayat Abu Dawud no. 1502, dan at-Tirmidzi
no. 3486, Shahiih at-Tirmidzi IH/146 no. 2714, Shahiih Abi Dawud 1/280 no. 1330,
al-Hakim 1/547, al- Baihaqi 11/253
7 Hadits hasan, riwayat Abu Dawud no. 1501, dan at-Tirmidzi.
Dihasankan oleh Imam an-Nawawi dan Ibnu Hajar al-Asqalani
8 Lihat Zaadul Ma'aad 1/357 tahqiq al-Arna'uth. Majmuu'
Fataawa, Syaikh bin Baaz XI/167-168
9 Tamaamul Kalaam fi bid'iyyatil Mushaafahah ba'das Salaam-
DR. Muhammad Musa Alu Nashr
10 Al-Qaulul Mubiin fii Akhtbaa-il Mushalliin hal. 293-294
-Syaikh Masyhur Hasan Salman
11 Al-Qaulul Mubiin fii Akhthaa-il Mushalliin hal. 294-295 dan Silsilah al-Ahaadiits
ash-Shahiihah 1
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Oktober 22, 2012
Dzikir Setelah Shalat Fardhu
Dzikir Setelah Shalat Fardhu
أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ (۳×) اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ ،تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَ لِ وَالإِكْرَامِ
"Aku memohon ampun kepada Allah (3x). Ya Allah, Engkau
pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan, Mahasuci Engkau, wahai Rabb
Pemilik keagungan dan kemuliaan." (Dibaca setiap selesai shalat wajib lima
waktu).1
لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَ أَعْطَيْتَ،وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
"Tiada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar)
melainkan hanya Allah Yang Mahaesa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala
kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya
Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi
apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya
(selain iman dan amal shalih). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan."2
لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ. لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِ لاَّ بِا اللَّهِ، لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ،لَهُ النِّعْمَةُ وَ لَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهُ الْكَافِرُونَ
"Tiada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar)
melainkan hanya Allah Yang Mahaesa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya
kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan
kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi
dengan benar) melainkan hanya Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya.
Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujian yang baik. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi
dengan benar) melainkan hanya Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya,
meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya."3
لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ
"Tiada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar)
melainkan hanya Allah Yang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan,
dan bagi-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan (orang yang sudah mati
atau memberi ruh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dialah Yang
Mahakuasa atas segala sesuatu." (Dibaca 10x setiap selesai shalat Maghrib
dan Shubuh).4
اَللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ،وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَدَتِكَ
"Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu,
bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu. "5
سُبْحَا نَ اللَّهِ (۳۳ ×) الْحَمْدُ اللَّهِ(۳۳ ×) اللَّهُ اَكْبَرُ (۳۳ ×) (۳۳
"Mahasuci Allah." (33x) "Segala puji bagi
Allah." (33x) "Allah Mahabesar." (33x)
Kemudian untuk melengkapinya menjadi seratus, membaca:
لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ
"Tiada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar)
melainkan hanya Allah Yang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan,
bagi-Nya segala puji. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."6
Kemudian membaca surat al-Ikhlash, al-Falaq dan an-Naas
setiap selesai shalat (fardhu).7
Membaca ayat Kursi setiap selesai shalat (fardhu).8
Setelah selesai Shalat Shubuh membaca:
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نِافِعًا،وَرِزْقً طَيِّبًا،وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang
bermanfaat, rizki yang halal dan amal yang diterima."9
Ibnu Majjah 4 Ummat Muslim
--------------------------------------------------------------------------------
1 Muslim no. 591 (135), Ahmad (V/275, 279), Abu Dawud no.
1513, an-Nasa-i III/68, Ibnu Khuzaimah no. 737, ad-Darimi I/311 dan Ibnu Majah
no. 928 dari Sahabat Tsauban رضي الله عنه
Penjelasan: Tidak boleh ditambah-tambah dengan kata: وَ إِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا
بِا السَّلاَمِ وَ أَدْخِلْنَا جَنَّةَ دَارُ السَّلاَم bacaan ini tidak ada
asalnya dari Nabi صلي الله عليه وسلم
(Lihat Misykaatul Mashaabiih 1/303)
2 HR. Al-Bukhari no. 844 dan Muslim no. 593, Abu Dawud no.
1505, Ahmad IV/245, 247, 250, 254, 255, Ibnu Khuzaimah no. 742, ad-Darimi
I/311, dan an-Nasa-i III/59,60
3 HR. Muslim no. 594, Ahmad IV/4, 5, Abu Dawud no. 1506,
1507, an-Nasa-i III/59, Ibnu Khuzaimah no. 740, 741.
4 Nabi صلي الله عليه وسلم
bersabda: "Barangsiapa setelah shalat Maghrib dan Shubuh membaca:
لاَإِلَهَ إِ لاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى
كُلِّ شَيْئٍ قَديْرٌ
Allah akan tulis setiap satu kali 10 kebaikan, dihapus 10
kejelekan, diangkat 10 derajat, Allah lindungi dari setiap kejelekan, dan Allah
lindungi dari godaan syaitan yang terkutuk." (HR. Ahmad IV/227,
at-Tirmidzi no. 3474). At-Tirmidzi berkata: "Hadits ini hasan gharib
shahih." (Lihat Shahiih at Targhiib wat Tarhiib I/322-323 no. 474, 475,
dan no. 477, Zaadul Ma'aad I/300-301, dan Silsilah al-Al-Haadiits ash-Shahiihah
no. 113, 114 dan no. 2563).
5 HR. Abu Dawud no. 1522, an-Nasa-i III/53, Ahmad V/ 245 dan
al-Hakim (1/273 dan III/273) dan dishahihkan-nya, juga disepakati oleh
adz-Dzahabi, yang mana kedudukan hadits itu seperti yang dikatakan oleh keduanya,
bahwa Nabi صلي الله عليه وسلم
pernah memberikan wasiat kepada Mu'adz agar dia mengucapkannya di setiap akhir
shalat.
6 “Barangsiapa membaca kalimat tersebut setiap selesai
shalat, akan diampuni kesalahannya, sekalipun seperti buih di lautan."
(HR. Muslim no. 597, Ahmad II/371, 483, Ibnu Khuzaimah no. 750 dan al-Baihaqi
II/187)
7 HR. Abu Dawud no. 1523, an-Nasa-i III/68, Ibnu Khuzaimah
no. 755 dan Hakim I/253. Lihat pula Shahiih at-Tirmidzi II/8. Ketiga surat
tersebut dinamakan al-Mu'awwidzaat, lihat pula Fat-hul Baari IX/62.
8 "Barangsiapa membacanya setiap selesai shalat, tidak
ada yang menghalanginya masuk Surga selain kematian." HR. An-Nasa-i dalam
'Amalul Yaum wal Lailah no. 100 dan Ibnus Sunni no. 124, dinyatakan shahih oleh
Syaikh al-Albani dalam Shahiihul Jaami' dan Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah
II/697 no. 972.
9 HR. Ibnu Majah no. 925, Shahiih Ibni Majah I/152 no. 753
dan Ibnus Sunni dalam 'Amalul Yaum wal Lailah, dan ahli hadits yang lain. Lihat
kitab Shahiih Ibni Majah I/152 dan Majma'uz Zawaa-id X/111, shahih.
Daftar Artikel
?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ
Sejarah, Kemungkaran-kemungkaran dalam maulid nabi (1/2)
Category : Sejarah,Tarikh,Aqidah,Manhaj Source article: Abunamirah.Wordpress.com Oleh: al Ustadz Abu Mu’awiyyah Hammad Hafizhahullahu ...