Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Home » » Fiqih Shalat, Rajin Shalat Namun Masih Bermaksiat

Fiqih Shalat, Rajin Shalat Namun Masih Bermaksiat

Written By sumatrars on Sabtu, 24 Januari 2015 | Januari 24, 2015

?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ



Category : Fiqih, Fiqih Shalat,
Source article: Rumaysho.Com, Muhammad Abduh Tuasikal

Kita tahu bahwa shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sayangnya, ada yang rajin shalat, namun di luar itu ia masih berjudi. Kami pun mendapatkan cerita seperti itu. Apakah shalatnya yang bermasalah? Coba kita kaji bersama dengan melihat perkataan ulama-ulama salaf di masa silam.

Allah Ta’ala berfirman,

ุฅِู†َّ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ ุชَู†ْู‡َู‰ ุนَู†ِ ุงู„ْูَุญْุดَุงุกِ ูˆَุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Ibnu Mas’ud pernah ditanya mengenai seseorang yang biasa memperlama shalatnya. Maka kata beliau,

ุฅِู†َّ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉَ ู„ุงَ ุชَู†ْูَุนُ ุฅِู„ุงَّ ู…َู†ْ ุฃَุทَุงุนَู‡َุง

Shalat tidaklah bermanfaat kecuali jika shalat tersebut membuat seseorang menjadi taat.” (HR. Ahmad dalam Az Zuhd, hal. 159 dengan sanad shahih dan Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushonnaf 13: 298 dengan sanad hasan dari jalur Syaqiq dari Ibnu Mas’ud).

Al Hasan berkata,

ู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ุตَู„ุงَุฉً ู„َู…ْ ุชَู†ْู‡َู‡ُ ุนَู†ِ ุงู„ูَุญْุดَุงุกِ ูˆَุงู„ู…ู†ْูƒَุฑِ، ู„َู…ْ ูŠَุฒْุฏَุฏْ ุจِู‡َุง ู…ِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฅِู„ุงَّ ุจُุนْุฏًุง

Barangsiapa yang melaksanakan shalat, lantas shalat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah.” (Dikeluarkan oleh Ath Thobari dengan sanad yang shahih dari jalur Sa’id bin Abi ‘Urubah dari Qotadah dari Al Hasan)

Abul ‘Aliyah pernah berkata,

ุฅِู†َّ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉَ ูِูŠْู‡َุง ุซَู„ุงَุซُ ุฎِุตَุงู„ٍ ูَูƒُู„ُّ ุตَู„ุงَุฉٍ ู„ุงَ ูŠَูƒُูˆْู†ُ ูِูŠْู‡َุง ุดَูŠْุกٌ ู…ِู†ْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ุฎَู„ุงَู„ ูَู„َูŠْุณَุชْ ุจِุตَู„ุงَุฉٍ: ุงู„ุฅِุฎْู„ุงَุตُ، ูˆَุงู„ْุฎَุดْูŠَุฉُ، ูˆَุฐِูƒْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ. ูَุงู„ุฅِุฎْู„ุงَุตُ ูŠَุฃْู…ُุฑُู‡ُ ุจِุงْู„ู…ุนْุฑُูˆْูِ، ูˆَุงู„ุฎَุดْูŠَุฉُ ุชَู†ْู‡َุงู‡ُ ุนَู†ِ ุงู„ู…ู†ْูƒَุฑِ، ูˆَุฐِูƒْุฑُ ุงู„ู‚ُุฑْุขู†ِ ูŠَุฃْู…ُุฑُู‡ُ ูˆَูŠَู†ْู‡َุงู‡ُ.

Dalam shalat ada tiga hal di mana jika tiga hal ini tidak ada maka tidak disebut shalat. Tiga hal tersebut adalah ikhlas, rasa takut dan dzikir pada Allah. Ikhlas itulah yang memerintahkan pada yang ma’ruf (kebaikan). Rasa takut itulah yang mencegah dari kemungkaran. Sedangkan dzikir melalui Al Qur’an yang memerintah dan melarang sesuatu.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 65).

Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali hafizhohullah berkata, “Siapa yang merutinkan shalat dan mengerjakannya di waktunya, maka ia akan selamat dari kesesatan.” (Bahjatun Nazhirin, 2: 232).

Jika ada yang sampai berbuat kemungkaran, maka shalat pun bisa mencegahnya dari perbuatan tersebut.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa ada seseorang yang pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia mengatakan,

ุฌَุงุกَ ุฑَุฌُู„ٌ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِّูŠ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู‚َุงู„َ: ุฅِู†َّ ูُู„ุงَู†ًุง ูŠُุตَู„ِّูŠْ ุจِุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูَุฅِุฐَุง ุฃَุตْุจَุญَ ุณَุฑِู‚َ؟ ูَู‚َุงู„َ: “ุฅِู†َّู‡ُ ุณَูŠَู†ْู‡َุงู‡ُ ู…َุง ูŠَู‚ُูˆْู„ُ

Ada seseorang yang pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia berkata, “Ada seseorang yang biasa shalat di malam hari namun di pagi hari ia mencuri. Bagaimana seperti itu?” Beliau lantas berkata, “Shalat tersebut akan mencegah apa yang ia lakukan.” (HR. Ahmad 2: 447, sanadnya shahih kata Syaikh Syu’aib Al Arnauth).

Nah berarti shalat yang baik adalah shalat yang bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Inilah shalat yang mesti dibentuk. Jadi kalau ia rajin shalat, malah masih terus melakukan dosa besar, maka shalatnya lah yang mesti diperbaiki. Wallahu a’lam.

Disalin pada, 27 Rajab 1435 H


Article : Blog Al-Islam


Back to Top

??ْ?َ?ْ?ُ ?ِ?َّ?ِ ?َ?ِّ ??ْ?َٰ?َ?ِ??


Anda Sedang membaca artikel yang berjudul Fiqih Shalat, Rajin Shalat Namun Masih Bermaksiat Silahkan baca artikel dari BLOG AL ISLAM Tentang Yang lainnya. Dan Ingin Mengeprint klik tombol prin di Bawah, atau bookmark halaman ini dengan URL : https://alislam-sr.blogspot.com/2015/01/fiqih-shalat-rajin-shalat-namun-masih.html
Klik Untuk Print Friendly and PDF
Share this article :

+ komentar + 14 komentar

13 Oktober 2015 pukul 07.11

wah makasih yah mas, kebetulan dipesantren saya ada tugas untuk mencari makalah seperti ini. saya mint yaaa hehehe :) nice share makasih :)

sehatisme

15 September 2016 pukul 13.14

semoga saya bisa menjadi orang yang taat

22 September 2016 pukul 07.22

astagfirulloh, ya Allohhambamu seringkali aku mengerjakan salat tapi masih juga bermaksiat

23 September 2016 pukul 16.58

Mungkin shalatnya dianggap hanya sebagai penggugur kewajiban. Beda dengan orang yang memang tidak sanggup menahan dirinya dari berbuat maksiat. Semoga kita semakin hari semakin menjadi manusia yang baik dan bermanfaat. Aamiin.

26 September 2016 pukul 14.44

Terimakasih artikelnya, saya jadi sadar untuk memperbaiki sholat saya biar bisa menjadi pribadi yang lebih baik juga.

1 Oktober 2016 pukul 16.24

jadi intinya, kalau shalat tapi maksiat masih jalan masih ada yang salah dalam shalatnya

28 November 2016 pukul 16.51

semoga saya bisa menjadi orang yang taat

30 November 2016 pukul 13.02

makasih nih pembahasannya semoga bisa menjadikan peringatan bagi saya

14 Desember 2016 pukul 13.29

semoga bisa menjadi orang yang lebih baik lagi

wallhous

Anonim
19 Desember 2016 pukul 16.05

kajian mslim sangat bermanfaat, semoga saya bisa menjadi seseorang yang jauh lebih baik lagi, terimakasih untuk artikel yang sangat menyentuh hati ini.

24 Desember 2016 pukul 16.22

ilmu baru nih, thanks ya Artikelnya

3 Februari 2017 pukul 16.30

semoga saya bisa menjadi orang yang taat

Belajar Property Syariah

2 Mei 2017 pukul 07.56

makasih pencerahannya akhi, semoga bermanfaat dan bisa jadi amal kebaikan bagi penulisnya.

Posting Komentar

Sejarah, Kemungkaran-kemungkaran dalam maulid nabi (1/2)

Category : Sejarah,Tarikh,Aqidah,Manhaj Source article: Abunamirah.Wordpress.com Oleh: al Ustadz Abu Mu’awiyyah Hammad Hafizhahullahu ...

Translate

 
Support : Blog author | Rachmat.M,MA | Duta Asri Palem 3
Copyright © 2013. BLOG AL ISLAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger