Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Home » , , , » Biografi Imam Abu Daud

Biografi Imam Abu Daud

Written By sumatrars on Minggu, 28 September 2014 | September 28, 2014

?ِ?ْ?ِ ????ِ ???َّ?ْ??ِ ???َّ?ِ??ِ

Category : Biografi, Ulama
Source article: Ibnu Majjah.Com

Transcribed on : 25/07/2014

Alhamdulillah, kita memuji dan bersyukur kepada Allah Rabb sekalian alam. Sholawat dan salam bagi nabi utusan-Nya Muhammad, keluarganya, para sahabatnya, dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari berbangkit.

Allah ta’ala telah menjamin akan terjaganya al-Qur’an, maka terjaga pula sunnah nabi-Nya yang menjadi penjelas al-Qur’an, sehingga tidak akan tersesat manusia bila berpegang kepada keduanya, keduanya adalah wahyu yang takkan lengkap salah satunya tanpa yang satunya, keduanya ibarat sayap bagi burung.

Allah ta’ala telah menciptakan manusia yang berkhitmat kepada-Nya dan sunnah Nabi-Nya, mereka menjaga sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan meriwayatkan, menuliskan, mengajarkan, membersihkannya dari yang palsu dan dhaif, sebuah usaha yang tidak pernah terjadi kecuali pada umat ini.

Salah satu dari mereka adalah Imam Abu Daud penulis kitab sunan, nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin ‘Imron bin Al Asy’ats bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin ‘Amr bin ‘imron Al Azdy As Sajistaany.

Beliau adalah salah satu murid Imam ahlus Sunnah Imam Ahmad bin Hambal dan Imam Ishaq bin Rahuyah, beliau adalah guru dari Imam at-Tirmidzi dan Imam an-Nasa’i serta nama lainnya.

Para ulama telah sepakat akan keilmuan dan keutamaannya, Imam Baihaqi asy-Syafi’i berkata: “Abu Daud termasuk salah satu imam dunia dalam ilmu dan fiqih” dan Imam an-Nawawy asy-Syafi’i berkata: “Para ulama telah sepakat memuji Abu Daud dan mensifatinya dengan ilmu yang banyak, kekuatan (hafalan), wara’, agama (keshalehan) dan kuat pemahamannya dalam hadits dan yang lainnya”

Beliau adaiah imam dari imam-imam Ahlu Sunnah wal Jamaah yang hidup di Bashrah, kota berkembangnya kelompok Qadariyah, pemikiran Khawarij, Mu’tazilah, Murjiah, Syi’ah Rafidhah, Jahmiyah dan lain-lainnya. Tetapi walaupun demikian Beliau tetap dalam keistiqamahan diatas Sunnah, dan membantah sekte-sekte tersebut dalam kitab khusus atau dapat dilihat dalam kitabnya yang fenomenal as-Sunan.

Silahkan nikmati eBook ini dan temukan biografi beliau rahimahullah mulai beliau lahir, perjalanan beliau menuntut ilmu, guru dan muridnya, pujian ulama kepadanya, hingga wafat beliau, semoga Allah ta’ala menerima amalnya dan amal kita dan memasukkan kita semua kedalam surga-Nya, amin…

Download:

Download

Article : Blog Al-Islam


Ingin mendapatkan Artikel/Posting dari kami /Berlangganan, Silahkan kirimkan Alamat eMail  Anda pada kolom dibawah, demgan demikian anda akan mendapatkan setiap ada artikel yang terbit dari kami.
Want to get article / post from our / Subscribe, Please send your eMail address in the fields below, so you will get every article published from us.

Delivered by FeedBurner

Back to Top
??ْ?َ?ْ?ُ ?ِ?َّ?ِ ?َ?ِّ ??ْ?َٰ?َ?ِ??


Anda Sedang membaca artikel yang berjudul Biografi Imam Abu Daud Silahkan baca artikel dari BLOG AL ISLAM Tentang , , , Yang lainnya. Dan Ingin Mengeprint klik tombol prin di Bawah, atau bookmark halaman ini dengan URL : https://alislam-sr.blogspot.com/2014/09/biografi-imam-abu-daud.html
Klik Untuk Print Friendly and PDF
Share this article :

Posting Komentar

Sejarah, Kemungkaran-kemungkaran dalam maulid nabi (1/2)

Category : Sejarah,Tarikh,Aqidah,Manhaj Source article: Abunamirah.Wordpress.com Oleh: al Ustadz Abu Mu’awiyyah Hammad Hafizhahullahu ...

Translate

 
Support : Blog author | Rachmat.M,MA | Duta Asri Palem 3
Copyright © 2013. BLOG AL ISLAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger